3.1.12

komunikasi ala dokter

Gue suka suasana kayak gini.

Malem2 sendirian di rumah, dengerin lagu2 yang ada di gadget gue, menciumi aroma sabun yang menempel sehabis mandi *kali ini gue mandi pake sabun body shop yang lychee blossom*

Mau nulis apa yah.?

Mulut gue masih ga enak aja berapa hari ini.

Mulut orang sakit kan pait yah, ditambah lagi gue minum berbagai macam obat yang rasanya beda2 dan aneh2.

Ohya, ngomongin soal obat kemarin akhirnya gue ke dokter di klinik 24 jam deket rumah.

Begitu datang gue dapet antrian 95, saat itu baru nomer 87 *sigh

Menunggulah gue.

Berbagai macam gaya muka bodoh sudah gue pamerkan di hadapan khalayak klinik 24 jam tersebut.

Garuk2 kepala pun juga sudah.

Liatin orang yang sakit sampe yang pake baju macan dari atas sampe bawah pun sudah.

Trus akhirnya sadar kalo gue satu2nya orang yang sendirian di sana. Yang lainnya ditemenin keluarga atau pasangan *mulai galau*

Akhirnya setelah 1 jam menunggu nomor gue muncul di layar.

Masuklah gue ke ruangan prakter dokter umum tersebut.

Oke. Dokternya ganteng cin.

Lupakan soal menunggu 1 jam, dokternya ganteng ciiiinnn.

Setelah konsultasi dan periksa yang menurut gue kurang maksimal karena beliau nampak terburu2 karena banyak pasien, gue dikasih resep obat. Dan gue sedikit nanya2 apakah obatnya bikin ngantuk atau gak.

Seperti yang sudah2 dan yang selalu gue herankan adalah, kenapa dokter kalo bicara sama pasien dalam menjelaskan penyakit atau obat suka susah gitu yah nampaknya.?

Kadang seperti terbata2, ga jarang juga matanya ga mau liat ke muka pasien *dalam kasus ini mata sii bapak dokter ini melihat ke meja*

Aneh menurut gue.

Kenapa yah.?

Apakah merasa kurang PD untuk menjelaskan suatu hal pada pasien.?

Eh tapi ada juga sih dokter yang gak kayak gitu.

Dokter kulit gue ga gitu. Beliau cukup detail dalam menjelaskan. Dan mau kok menatap wajah pasiennya.

Waktu gue ke dokter THT di klinik yang sama beliau juga OK dalam menjelaskan.

Apa dokter umum aja yah yang kayak gitu.?

Setelah gue tanyakan ke sahabat gue yang juga dokter itu, ADP, katanya emang rata2 dokter gitu. Dia pun kadangan gitu.

Laaahh,, kenapa gitu.?

Gue jadi inget dulu pas orientation day di kampus, dosen gue pernah bilang bahwa sebenernya dokter di Indonesia ga kalah OK dari dokter di S’Pore. Tapi kenapa banyak pasien yang kesana.

Sebenernya cuman masalah komunikasi aja sih.

Kalo dokter di sana begitu pasien datang akan ditanya : apa keluhan Anda.?

Sedangkan kalo di sini, ditanyanya : sakit apa.? *lah kalo gue tau sakit apa ngapain gue ke lo…

Mungkin itu cuman joke aja. Tapi pikir2 iya juga sih. Apalagi dengan kasus yang gue alamin dengan dokter2 di sini.

Udah gitu dokter2 itu suka terkesan terburu2 gitu. Trus kalo ngejelasin tentang obat atau penyakit suka selintasan dan kadangan kurang mendalam. Kalo ditanya baru deh mau jelasin. Itupun kadangan masih suka kurang puas gitu rasanya. Mungkin karena banyak pasien kali yah.

Mungkin ada yang baca blog gue adalah dokter atau calon dokter.

Bisa bantu jelasin kenapa.?

--CePe--

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

please do not be hesitate to speak up your mind

 
blog design by suckmylolly.com | Distributed by Deluxe Templates