6.4.10

twit twit

Sejak punya smartphone ini gue akuin gue jadi autis. Jadi susah mengalihkan pandangan gue dari layar HP lebar ini. Bahkan saat diajak ngomong pun mata gue tetep ga beranjak dari sii bebeh ini. Kacau dunia persilatan.

Yang gue lakukan adalah baca2 status orang2 di twitter,, dan ternyata itu fun banget. gue bisa mengetahui dunia luar secara real dan live tanpa perlu keluar. Bahkan kadangan sebuah situs berita yang mengupdate beritanya setiap detik itupun mengambil berita dari apa yang diberitakan orang2 di twitter. Beberapa kasus yang gue temuin adalah saat sutradara JA melakukan aksi nekat bugil di lingkaran K, trus waktu salah satu personil band So7 nikah, hingga foto dan berita tragedi di blowfish baru2 ini. Semua itu diambil dari twitter.

Adalah sebuah hal yang menarik bagaimana seseorang bisa memberikan pengaruh bagi orang banyak hanya lewat 140 karakter. Semua orang berbondong2 mem-publish dirinya di dunia maya, hanya agar dirinya bisa melihat dan dilihat oleh orang lain. *Aah,, lagi2 kembali ke teori kebutuhannya masslow.*

Dalam ilmu komunikasi sendiri ini disebut sebagai citizen journalism. Ini adalah keadaan dimana orang2 atau warga biasa bisa memberikan laporan atau pemberitaan mengenai apa yang terjadi diluar sana seperti layaknya seorang jurnalis.

Gue bilang citizen journalism ini cukup menarik. Karena terkadang pemberitaan yang diberitakan benar2 real tanpa ada tekanan dari pihak manapun. Benar2 murni sebuah laporan tanpa dipengaruhi agenda setting atau propaganda tertentu. Bahkan terkadang apa yang digerakkan oleh citizen journalism bisa membuat sebuah gerakan masiv yang cukup berpengaruh. Sebagai contoh silahkan mengingat apa yang terjadi pada prita mulyasari.

Well, memiliki smartphone ini bikin gue betah di kamar dan ga bisa lepasin genggaman darinya. Itu sisi buruknya. Gue jadi bener2 autis sama dunia nyata. Entah kenapa dunia maya lengkap dengan orang2 maya di luar sana jauh lebih menarik untuk disimak daripada orang2 yang jelas2 nyata keberadaannya di depan gue.

Ada yang bisa kasih jawaban.? Twit me yah.! @putricepe



--CePe--

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

please do not be hesitate to speak up your mind

 
blog design by suckmylolly.com | Distributed by Deluxe Templates