12.11.09

pencitraan

lagi2 gue ga mencoba buat serius di sini.
gue juga ga ngerti2 banget tentang teori atau konsep pencitraan.
--sebuah pengakuan yang teramat jujur dari seorang anak PR--

simple nya., pencitraan itu adalah sebuah image.
sebuah hal yang harus dijaga banget.
karena image adalah gambaran yang langsung terlihat oleh orang luar.

image ini adalah hal yang harus kita jaga.
biar orang percaya dan yakin sama kita.
biar orang terus mau menjalin kerja sama dengan kita.

dan itu ga gampang.
suka ngeh gak kalo di jalanan ngeliat orang2 berseragam --siapa pun itu-- tapi ga menjaga seragamnya dengan baik?
bukan hanya masalah seragam aja.
tapi makna di balik seragam itu.

seragam.
itu adalah semacam brand atau logo atau merek dari sebuah institusi.
seorang anggota yang berseragam berarti dia adalah representative dari sebuah institusi.
dan sudah seharusnya dia menjaga nama baik institusi tersebut.

namun terkadang yang ada malah dia melakukan hal2 yang gue yakiiin banget dilarang dilakukan saat dia sedang berseragam.
herannya teteup aja dilakukan.

kadang gue suka risih banget liatnya.
rasanya gatel aja.
kalo kata mas AA,itu artinya sadar atau gak gue udah menunjukkan sedikit kepedulian terhadap hal tersebut.
tapi bagi gue bukan itu.
menurut gue, kenapa gue kepikiran adalah karena gue tau tentang pentingnya sebuah citra dan bagaimana menjaganya.

dan setelah gue pikir2,
gue sedikit menemukan jawaban kenapa orang2 tersebut kurang menjaga seragamnya.
menurut gue, itu karena mereka ga punya sense of belonging.
ga ngerti apa itu citra.
ga ngerti tentang keajaiban sebuah citra.
ga ngerti gimana pentingnya citra.

bagi gue,
kalo orang udah punya sense of belonging terhadap sesuatu maka dia akan menjaganya dengan sepenuh hati.
dia akan ngerti banget kalo setiap tindakan yang dia lakukan itu akan berdampak pada institusi yang dicintainya tersebut.

mau dilarang segimana juga kalo dia ga ngerti dan ga paham tentang apa itu citra dan rasa memiliki,
maka rasanya sia2 aja peraturan itu dibuat.

hha.
still long way to go.
masih banyak yang mesti dibenahin.
gue ga tau apa analisa gue bener tentang hal ini.
tapii,,
inilah yang kepikiran sama gue.


--CePe--

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

please do not be hesitate to speak up your mind

 
blog design by suckmylolly.com | Distributed by Deluxe Templates