22.12.09

something that we can't hide from

mungkin ada yang bertanya2., apa itu.?
it is something that called as 'problem'.

masalah adalah sebuah keadaan atau sesuatu yang bakal lo temui sepanjang hidup lo.
makanya gue bilang kita ga bisa sembunyi dari masalah.
menghindar pun agak sulit.
karena sebenernya kalo mau didramatisir dan mau dilihat secara lebay, setiap hal kecil yang menghalangi atau menghambat jalan kita menuju sebuah tujuan adalah sebuah masalah.
selain itu balik lagi ke individu tersebut gimana cara ngatasinnya.
iya, jadi masalah itu sebaiknya diatasi.
bukan dicari siapa yang salah, dan apa penyebabnya.
karena kalo mau dicari akarnya pasti ga akan ada abisnya.
yang ada, masalah tersebut ga kunjung selesai bahkan ga mungkin jadi tambah runyam karena saling menaruh curiga.

gue adalah orang yang terkadang cenderung ignore dan melupakan masalah yang ada.
oke, ada juga beberapa hal yang ga bisa gue lupain gitu aja dan bikin gue ketakutan setengah mati.
tapi lebih banyak yang coba gue ignore dan ga gue pandang.
padahal, sebagai PR gue ga boleh ignore sebuah masalah atau masalah tersebut akan jadi sebuah krisis yang massive bahkan bisa berdampak buruk bagi sebuah organisasi.

mas gue juga bilang., kalo gue terus dan terus menghindar dari masalah justru ga bakal selesai.
dan sampai kapanpun juga gue bakal terus menghindar dan berlari.
coba kalo gue hadapi dan selesaikan, gue ga perlu capeu2 lagi kejar2an sama masalah.

akhir2 ini ada sebuah masalah di keluarga gue.
dan gue pesen ke kakak tertua gue untuk ga bahas masalah ini di depan gue.
gue ga mau hal ini menggangu pikiran gue yang lagi ribet sama magang -waktu itu- dan skripsi gue.
alhamdulillah kakak gue ngerti.
dan kakak2 gue yang lain, entah emang udah dapet titah dari kakak tertua atau emang sama2 males bahasnya, jadi ga pernah sama2 menyinggung masalah tersebut.

tapi yang ada kita jadi kayak pake topeng di depan masing2.
jadi kayak pengen share sesuatu atau sekedar memastikan apakah masing2 dari kita tau tentang masalah tersebut, tapi semua itu kayak ketahan.
gue sadar kalo kita sama2 sedang bersembunyi.
entah apa yang kita sembunyikan.
toh kita sama2 saling tahu tentang apa yang sedang terjadi.

mungkin orang lain akan menyarankan agar kami saling berbagi atau bercerita.
ya, kami melakukannya.
hanya saja dengan cara kami sendiri.
kami saling berbagi tawa atau bertukar cerita bahagia.
karena kalo kami berbagi cerita sedih mengenai masalah tersebut yang ada kami malah terus mengingatnya dan bisa2 bikin kami tambah sedih.
gue dan kakak2 gue juga sepakat bahwa masalah yang ada di depan kami ini bukanlah sesuatu yang besar selama kami terus berpegangan tangan.

sampe kemaren, akhirnya tante2 buka suara mengenai masalah ini.
suara lembut mereka membentuk kata2 bijak.
elusan lembut tangan keriput mereka bikin gue tau bahwa gue ga sendirian.
dan pelukan lembut mereka bikin gue tau kemana gue bisa 'pulang' setelah bekejar2an dengan masalah gue.

dan gue pun sadar,
bahwa sembuyi bukanlah alternatif yang baik dalam menghadapi masalah.


--CePe--

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

please do not be hesitate to speak up your mind

 
blog design by suckmylolly.com | Distributed by Deluxe Templates