16.6.10

ReTweet and BroadcastMessage

Wew,, it's been sooo long gue ga blogging. Secara akhir2 ini gue Lebih aktif di twitter. Segala apa yang muncul di otak gue langsung gue buang di twitter. Jadi yaaa udah aja ide gue abis di twitter.

Hell yeah.!
Tapi gue harus tetap blogging. Karena memang kepuasan gue ada di sini. Hahahaha. Lebay.? Biarkan saja.

Sejak gue punya bebe, gue jadi aktif di dunia maya terutama twitter dan tentu saja dunia per-bbm-an.
Ada beberapa yang gue heran dari twitter ini. Akhir2 ini banyak yang follow gue. Tapi herannya dia itu adalah account yang ga gue kenal ataupun emang account yang memiliki followers dan following buanyak banget.
Dan gue juga merasa ada beberapa yang unfollow gue, karena gue tau kok followers gue berkurang padahal ada beberapa yang follow gue.
Well,, masalahnya bukan di situ. Tapi lebih pada,,, kalo emang ga kenal kenapa di follow.? Untuk apa menuh2in timeline lo dengan sampah2 yang ga guna.?

Kalo gue sih, selain temen gue juga lebih cenderung follow account yang twit nya berbobot dan bahasannya berisi. Dengan demikian gue jadi bisa belajar tentang current issue dari sisi yang cukup netral dan tidak berpihak pada kapitalisme *baca : agenda setting*.

Selain itu, di twitter juga kadangan ada beberapa berita yang suka bikin heboooohh dan orang2 nampak seperti buru2 meReTweet berita tersebut tanpa konfirmasi kebenarannya.

Gue jarang RT berita yang kadang belum tentu kebenarannya. Sebagai anak komunikasi terutama anak PR gue sangat mengerti bagaimana cara menyampaikan pesan agar tidak simpang siur dan terjadi gray even black propaganda.
Gue akan memilih untuk tidak RT berita tersebut sampai nantinya ada konfirmasi yang jelas dan pasti mengenai berita tersebut.

Begitu juga dengan bebe'em atau BlackBerry Messenger. Ini adalah layanan yang memungkinkan sesama pengguna BlackBerry atau BB untuk berkomunikasi seperti layaknya layanan chatting pada sesama pengguna account Yahoo!Messenger atau YM.

Bukan sekali gue dapet bebe'em yang isinya ga jelas. Mulai dari pesan berantai yang seolah2 dikirim oleh RIM atau sejenis distributor bebe,, sampai berita mengenai jarak matahari yang sedsang dekat2nya ke bumi, gambar 'alis berantakan', himbauan mengganti display picture bebe dengan foto hitam..

Lagi2 gue adalah orang yang ga begitu suka broadcast message yang aneh2 dan ga jelas sumbernya. Apalagi message yang isinya,"hari ini" ,, sumbernya dibuat mengada2 atau yaaa yang kayaknya cukup hoax.

Bagi gue, message yang ada kata 'hari ini' agak ga real dan ga bisa dijadiin sebagai message yang reliable. Bisa aja message itu gue terima kemaren tapi baru gue broadcast hari ini dan gue ga ganti kata 'hari ini' dengan 'kemarin'.. Siapa yang bisa jamin itu pesan darimana asal mulanya dan sudah berapa lama sampai akhirnya bisa sampai ke bebe gue.? Kebayang kan sudah berapa 'hari ini' terlewatkan oleh sii message tersebut.?

Di dunia maya, semua bisa dilakukan. Semua pesan bisa disampaikan. Ga peduli ada yang denger atau ga, ga peduli ada yang simak apa ga, tapi gue rasa disitulah letak eksistensi diri.
Di dunia maya kita bisa bersuara tentang apapun. Hati lega, pikiran tenang. Aspirasi tersampaikan walau mungkin bukan pada pihak yang dituju.

Di dunia maya juga kita bisa 'bertemu' dengan berbagai macam orang dari berbagai kalangan. Lewat dunia maya kita bisa saling 'menyapa' bahkan saling 'mengenal' orang yang hanya bisa kita pandangi di layar kaca.

Beberapa kali twit gue dibales sama orang ternama. Bahkan gue juga tau performance d'cinnamons dan endahNrhesa dari twitter juga. Malahan, saat gue nonton performance nya abdul and coffee theory, he knew my name since he reply my twit.

Dengan follow orang2 tertentu kita bisa serasa 'mengenal' dia lebih dalam. Mengetahui kegiatannya, pemikiran2nya, atau apapun. Itu yang bikin twitter gue seru. Ada berbagai macam orang yang gue follow. Mulai dari curcol, berbagi ilmu, mengeluarkan pendapat, jokes, kata2 penyemangat, love quotes.. Banyak deh.

It's oke to follow, unfollow, or block someone on your TwitLand. Tapi yang bikin aneh adalah,, invite someone who you don't have any idea who exactly he is to your blackberry messenger. Bagi gue itu sangat aneh sekali. Karena menurut gue bebe'em bukanlah sebuah situs jejaring sosial atau apa lah gitu yang ditujukan untuk main2 dan seru2an plus 'banyak2in list contact messenger' lo. Menurut gue, saat lo udah masuk ke lingkaran bebe'em it means itu adalah lingkaran yang cukup pribadi dan bukan lagi seperti lingkaran twitter atau facebook.

Untuk account facebook aja gue ga suka kalo ada orang yang ga gue kenal add gue. Apalagi bebe'em.? But since those people are coming from one of my groups so I confirm them. But once I say hello to them, they just gave me flat respond. Kayak ga ada ketertarikan buat ngobrol. Terus buat apa kita temenan di bebe'em.?

Itulah sekelumit tentang dunia maya dan dunia per-bebe'eman yang bisa gue bagi. Ironisnya, kita justru menjadi eksis di dunia maya. Dan cenderung pasiv di dunia nyata.


--CePe--

1 komentar:

  1. yaaa,,saya setuju!
    Katakan tidak untuk mengconfirm friend request FB, twitter, YM ato bahkan BBM pada orang yang tidak kita kenal!

    dan yaa,,saya setuju dengan kata-kata penutup blog ini. Dunia maya membuat kita pasiv di dunia nyata. >,<

    Tetap bloging yaa bu Putri Citra Permata., S.Si.. hihihi.. :)

    Saya akan selalu membaca update-an mu! ;-)

    BalasHapus

please do not be hesitate to speak up your mind

 
blog design by suckmylolly.com | Distributed by Deluxe Templates