25.5.10

mandiri/egois/sotoy

Gue adalah bungsu dari 4 bersaudara.
Sebagai bugsu, gue cukup dimanja.
Dan sebagai bungsu juga ga jarang gue 'dicuekin' sama keluarga gue karena mereka punya kehidupan masing2.

I come from family of six.
Jarak usia gue dengan orang tua dan kakak2 gue cukup jauh.
Saat gue baru lahir, kakak gue ada yang udah SMA bahkan udah kuliah.
Kebayang kan gimana jauhnya perbedaan usia kami.?

Jadilah gue terbiasa apa2 sendiri.
Termasuk bermain.
Karena kakak2 gue lebih banyak di luar rumah sedangkan gue belum sekolah, maka gue 'menciptakan' dunia gue sendiri.
Gue bikin dunia khayalan dengan teman2 khayalan yang seolah2 nyata dan bisa gue ajak bicara.
Bahkan gue memberi mereka nama lengkap dengan kisah kehidupan mereka masing2.
Beranjak masuk sekolah, my imaginary friends terlupakan.

Tapi satu yang ga terlupakan : kebiasaan gue melakukan apa2 sendirian.
Walaupun gue manja, tapi gue cukup mandiri.
Aneh.?
Well, everyone is unique, right.?
Gue terbiasa melakukan apa2 by myself.
Bahkan nyokap gue sempet bilang kalo gue lebih mandiri dari kakak gue.

Gue ga suka tergantung sama orang lain.
Rasanya ga enak dan gemesin banget.
Gue sadar gue juga ga sempurna2 amat dalam mengurus diri gue sendiri.
Tapi setidaknya, I do it by myself and I completely comfort with it.

Ini semua bikin gue jadi kadang sok tau, merasa bisa, dan memaksakan diri.
Seharusnya dengan kemandirian gue itu gue juga mesti tau batasan dan kemampuan gue.
Ga jarang gue maksain diri sampe jadinya sakit atau kewalahan sendiri.

Gue terbiasa kemana2 sendirian naik bis karena gue ga bisa bawa mobil atau motor.
Herannya, sebagai perempuan kok gue ga ada takut2nya untuk naik bis sendirian malem2.
Sampe pernah someday ada kemunculan eksibisionis depan gue.
Ini yang gue bilang merasa bisa tapi ga tau batasan sehingga akhirnya kewalahan sendiri.

Pernah juga gue ga tidur ngerjain skripsi.
Gue merasa diri gue masih sanggup dan bisa lanjut terus.
Sampe akhirnya gue sakit selama beberapa hari.
Ini yang gue bilang merasa bisa tapi ga tau batasan sehingga akhirnya kewalahan sendiri.

Atau saat magang dulu gue terbiasa ngerjain semua hal sendirian, mulai dari yang besar sampe yang remeh temeh yang harusnya bisa gue delegasikan ke office boy kantor.
Hasilnya ada beberapa hal yang missed dan gue sampe bingung sendiri.
Ini yang gue bilang merasa bisa tapi ga tau batasan sehingga akhirnya kewalahan sendiri.

Saat ngerjain sesuatu gue merasa gue bisa handle it and don't need anyone to help me.
Ternyata yang gue buat malah kekacauan dan keribetan.
Ini yang gue bilang merasa bisa tapi ga tau batasan sehingga akhirnya kewalahan sendiri.

Banyak banget hal yang berawal dari 'gue bisa' lanjut ke 'biar gue kerjain sendiri' kemudian ke 'gue ga butuh orang lain' hingga akhirnya 'oke, gue menghancurkan semuanya..'

Mungkin ada bagusnya, tapi ada jeleknya juga menjadi mandiri.
Untuk kasus gue, yang ada di diri gue adalah menjadi sok tau dan ga tau batasan diri.
Wait up, apakah bener diri gue mandiri,, atau sebenernya cuman sok tau.?
Beda tipis sih,,
Menurut lo.?

--CePe--

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

please do not be hesitate to speak up your mind

 
blog design by suckmylolly.com | Distributed by Deluxe Templates