28.1.10

recall

ada yang tau arti recall.?
recall adalah sebuah kegiatan 'memanggil' kembali apa yang ada di ingatan kita.
well, setidaknya itulah yang bisa gue rangkum dari apa yang gue baca di kamus.
CMIIW.

apa yang ada di ingatan kita bisa 'terpanggil' kembali karena banyak hal.
sepert misalnya karena kita memang berusaha mengingatnya atau karena ga sengaja keingetan saat panca indra kita merasakan sesuatu.

baru2 ini sahabat gue, NBR cerita katanya di kantor tempat dia magang tiba2 ada bau yang menurut dia parfum yang sering dipakai oma nya semasa hidup.
bahkan saking kuatnya memory tersebut NBR sampe 'berhalusinasi' as if dia melihat oma nya.

lain lagi waktu gue abis dari tempat mama.
sore nya gue mampir ke rumah adik mama.
karena kecapean, gue tidur di salah satu kamar.
tapi berhubung rumah tersebut rame jadi gue rada susah tidur.
dan di antara keadaan sadar dan ga sadar gue merasa mendengar suara mama.
gue menajamkan telinga, sampe akhirnya gue meyakinkan diri gue sendiri kalo itu adalah suara tante gue.

atau mungkin pernah juga di tempat umum gue mencium wangi parfum seseorang dan tiba2 jadi keingetan sama dia.
kayaknya semua memory itu balik lagi.
dan bahkan bikin gue ga sadar kalo gue ada di dunia 'ingatan' gue sendiri.

bisa juga kejadian atau momentum tertentu yang terjadi membuat kita ingat tentang kejadian yang mirip.
misalnya pas udah mau Lebaran, kita tiba2 jadi keingetan sama momen lebaran tahun lalu.
atau saat menjelang piala dunia gini tiba2 jadi inget serunya piala dunia 4 tahun lalu.

selain itu keberadaan kita di suatu tempat juga bisa bikin kita 'menapaktilasi' kenangan kita bersama seseorang.
bahkan, jika memory tersebut sangat kuat maka bisa2 saat melihat atau melewati tempat tertentu kita jadi 'melihat' diri kita dan dia ada di sana.
atau bisa jadi keseluruhan panca indra kita merasakan hal yang sama dengan apa yang kita rasakan waktu itu.

banyak hal yang bisa bikin kita recall memory yang seolah terlupakan.
ringtone henfon, bunyi sms, film, buku, tempat, lagu, bau2an, perkataan, atau benda2 yang kita pakai saat kejadian tersebut.
semua itu bisa bikin kita flashback dan terlempar ke masa lalu.

gue pernah baca bahwa 'melupakan seseorang itu sama aja dengan mengingat seseorang yang ga kita kenal sama sekali'..
iya, mustahil emang.
mau orang itu punya pengalaman buruk atau baik sama kita, tetep aja susah mau lupa gitu aja.
apalagi kalo orang tersebut pernah ada buat kita.
ga bisa dilupain gitu aja.
dan emang ga mungkin.
satu2nya jalan adalah berusaha untuk dan recall semua memory tentang dia.
menjauhi semua hal yang bisa membangkitkan memory tentang dia.
at least sampe keadaan udah jauh lebih baik dan kita mulai bisa menerima kenyataan bahwa semua itu udah selesai dan yang tersisa hanyalah apa yang hidup di ingatan kita aja.
percaya deh, saat lo udah dalam keadaan jauh lebih baik tersebut dan tiba2 ga sengaja keingetan tentang dia karena mendengar sebuah lagu, yang ada bukan lagi sedih tapi cuman senyum2.
ga ada lagi tuh tiba2 jadi mellow menye2,,
tapi yang ada cuman sedikit flashback dan kemudian tersenyum mengingat hal2 indah bareng sama dia.

percaya sama gue,
karena gue baru aja berhasil melewati tahap ini.


--CePe--

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

please do not be hesitate to speak up your mind

 
blog design by suckmylolly.com | Distributed by Deluxe Templates