31.7.12

born as Palembangnese

Sebenernya sih gue bukan orang Palembang, tepatnya sih Lahat, Sumatera Selatan. cuman biar gampang gue bilang aja gue orang Palembang. hihihihi..

Bangga terlahir dari keluarga Lahat ini.
keluarga yang mukanya bermata sipit dan berkulit putih., mungkin leluhur gue ada yang keturunan tionghoa. udah sering gue dikira sebagai orang cina dan non muslim.
orang Sumatera Selatan itu dikenal sebagai orang yang pemarah, cepet panas, dan galak.
ga heran sering bulak balik masuk berita terutama bagian kriminal. hihihihi.

tapi sebenernya orang Palembang itu baik2, hanya saja terlihat galak dan suka marah2. mungkin karena kalo ngomong mesti teriak2 dan ngotot, padahal sebenernya topik pembicaraannya sederhana dan ringan saja.
bentuk keramahan orang Palembang itu juga beda dengan bentuk keramahan orang Jawa.
jika orang Jawa terlihat santun dan penuh kelembutan, namun tidak dengan orang Palembang.
yang terlihat dari bentuk keramahan orang Palembang itu seperti memaksa dan marah2., padahal mah cuman bentuk keramahan untuk ajakan makan bersama.

tapi jangan kira sebagai orang Lahat trus gue jadi tau seluk beluk Lahat dengan sangat detail. yang gue tau juga cuman selintasan aja. tapi kalo urusan adatnya sih sedikit banyak tau laaaahh.. yang namanya begare, pantauan, ngocek bawang,.. itu sih sedikit dari sekian keribetan menjelang pernikahan adat Sumatera Selatan.

begare itu adalah,, hmm.. jadi seperti kumpul2nya anak muda di malam2 sebelum pesta pernikahan. biasanya ini menjadi ajang cari jodoh untuk muda mudi *aseeeiiikk :))
kalo pantauan itu semacam,, duh apa yaah. mengarak pengantin dari rumah keluarga yang satu ke keluarga yang lain. yang ikut di pantauan ini biasanya sih keluarga dekat pengantin. ramai2 rombongan pengantin ini mendatangi satu per satu rumah sodara2nya dengan berjalan kaki lengkap dengan baju pengantin yang berat dan gerah itu. di rumah sodara2nya ini sudah disajikan berbagai macam makanan, yang biasanya sih sama aja tiap rumah. tips utama kalo mau ikut pantauan adalah jangan makan banyak2. selain 'kunjungan' ini hanya berlangsung 10-15 menit, akan ada 10 rumah yang harus didatangi. kebayang kan begahnya kayak apa.?
lalu ada juga ngocek bawang. ngocek artinya mengupas, jadi maksudnya mengupas bawang. ini istilah aja sih. jadi kalo satu rumah ada yang mau hajatan, apapun itu : nikahan, akikah, selametan, sunatan, kematian.,,, biasanya tetangga2 akan ramai2 datang dan bantu masak2. terutama sih ibu2 dan wanitanya. bapak2 biasanya hanya ngantar, nyembelih ayam atau kambing, ngobrol2, atau sambil main gaplek.
pemuda pemudinya.?  yaaa bantu2 sambil begare dooooong.. hihihihi.

gue pernah 4 tahunan tinggal di Palembang, 1997 - 2001.
di masa2 itu gue makin mengenal karakter orang Palembang dan juga lebih mengenal bahasanya.
orang Palembang itu kalo ngomong suka ngotot, makin ditantang makin jadi, dan terkesan suka melebih2kan sesuatu. dilihat dari adat istiadat yang udah gue jelasin di atas, maka tercermin jelas kalo kekerabatannya masih tinggi. hal2 di atas ga cuman terjadi di kampungnya saja, tapi juga terjadi saat masyarakat kampung sudah tinggal di kota. mereka tetap membawa kebiasaan baik tersebut.

sebagai orang Lahat yang sudah lama tinggal di kota multikultural ini, gue sudah berasimilasi dengan bermacam2 budaya.
berapa kali gue dikira orang Jawa karena gue cukup halus *padahal mah yaaaahhh,, grabak grubuk juga.. hahahahaha..
suka dikira orang Sunda karena logat ngomong gue ini.
tapi lebih sering dikira orang cina dan non muslim karena wajah gue sih., tapi setelah gue bilang gue orang Palembang baru deh pada maklum. hihihihi.

kulit gue kalo kata orang2 cukup putih. padahal kalo gue kumpul sama keluarga Palembang gue., termasuk hitam loh.
kadang suka minder sendiri., 'wong kito galo' kok item kulitnya. huhuhuhu.

sebagai orang Lahat, salahkah gue kalo gue menyukai batik.?
gue sukaaaaaaakk bangets sama batik. bahkan berencana kalo punya anak nanti tiap hari gue pakein batik, isi rumah gue semuanya batik *bahkan gue udah beli gelas dengan motif batik :))
gue juga suka dateng ke acara pameran batik, suka juga belanja batik, dateng ke pertunjukan ludruk, tertarik sama cerita gatot kaca *baca posting gue sebelum2nya yaahh..

salah juga kalo gue bercita2 tinggal di Bandung nantinya.?
Bandung itu adem, kotanya seru, orang2nya kalem2, makanannya enak2. *baca juga postingan gue sebelum2nya yaah..

gue juga ga bisa bikin pempek, tapi kira2 ngerti dan tau bikin lumpia.
walaupun lumpia yang gue bikin masih sekedar isi tahu dan telor. gue juga suka banget sama lumpia. suka ga tahan kalo liat gorengan lumpia. hihihihi.

well., born as Palembangnese bikin gue bangga juga kok. walaupun kadang kalo dateng ke pameran batik suka merasa bersalah gitu karena baru sadar kalo gue ga punya kain jumputan atau songket khas Palembang. punya sih., tapi itu warisan mama. dan sampe sekarang belum ada niatan beli kain jumputan atau songket. hihihihi.

marii orang Palembang dimanapun berada,, sama2 kita ucapkan :
"wong kito gilo galo"


--CePe--

1 komentar:

  1. Xixixi.. Baca postingan ini jadi berasa nostalgia. Gw keturunan palembang pernh ngerasain tinggal di palembang 3thn. Ya sih Klo ngomong kyk org lgi marah,, tapi sebenernya baik, kekeluargaan nya msh rapet. Yg gak bikin bosen dri palembang ya teteup.. Kulinernya. Hehe. *salam wong kito galo*

    BalasHapus

please do not be hesitate to speak up your mind

 
blog design by suckmylolly.com | Distributed by Deluxe Templates