27.7.09

POSTING DI KALA INTERNET MATI --all in one-- part 2

oke.
ini lanjutan dari yang sebelumnya.
maapin gue.
ternyata postingan sebelumnya lumayan panjang dan kayaknya bakal kepanjangan kalo gue tambahin yang ini juga.

hari ini, Jumat (10/7) adalah hari bersejarah karena hari ini launching pecahan uang 2000 rupiah.
whaddaya think, guys.?
gue ga mencoba menjadi ahli ekonom di sini.
ga mencoba memberi analisa ekonomi.
dan ga bakal pula ngebahas tentang dampak sebab akibat dari dikeluarkannya uang pecahan duaribu ini.

gue denger berita ini tadi pagi di trax fm.
announcer pagi ini --gue ga tau siapa, maaf yah-- bilang kalo dengan dikeluarinnya uang pecahan duaribuan ini bakal lebih praktis, karena sekarang apa2 juga udah duaribuan. parkir aja duaribu.
wew.
gue agak kaget dengernya.
bukan, bukan karena gue baru tau kalo parkir sekarang duaribu.
tapi, apa dia --dan mungkin sebagian orang-- ga sadar bahwa dengan munculnya duaribuan ini maka artinya uang kita makin kecil nilainya?
seribuan udah mulai ga laku dan dipandang kecil sama sebagian orang, bahkan oleh tukang parkir.

sama aja kayak nasib uang recehan kita.
sekarang orang BT kalo dikasih duit receh.
bahkan kadang musti minta maap dulu.
kenapa minta maap?
kan itu duit juga.
ada juga yang bahkan ga menghargain sama sekali uang receh ini.
seenaknya aja ganti uang receh dengan permen --buat mbak2 kasir yang baca, maap kalo tersinggung--

bukan bermaksud membandingkan.
tapi coba tengok negeri tetangga.,
hm., tetangga ga yah?
tetangga yang juga saudara tua sih tepatnya.

di sana tu orang masih menghargai uang receh.
mereka ga marah kalo kita bayar pake receh.
even di tiap kasirnya disediain kayak wadah khusus buat narok uang bayaran kita dalam bentuk receh.
mereka juga ga malu2 bawa receh.
ini terbukti dengan adanya tempat duit koin yang lucu2.
itu bukti bahwa masyarakat sana saling 'memfasilitasi' keberadaan uang receh.

mereka juga sangat transparan dalam pricing.
di stiker harga di tiap barang tertulis tiga hal : harga asli, pajak, dan harga setelah pajak.
contohnya: 100 5 105 .. maka artinya harga asli adalah 100 dan pajaknya 5 jadi yang kita bayar 105.
selama di sana gue sampe apal tuh harga asli, pajak, dan harga setelah pajak di sebuah toko.hahaha.
ada 105, 315, 525, 1050, dst.
sedangkan recehan yang mereka punya nilainya 5,10,50,100 dan 500 --correct me if i'm wrong--
kebayar kan.?

gak kayak disini yang tulisannya 10.859 rupiah padahal jelas2 kita cuman bisa bayar dengan pecahan 10.850,, itupun kadang ga dibalikin sepebuhnya.
ah ya lupa. harga itu kan belum termasuk pajak. kalo udah sama pajak kira2 jadinya 11.944,9 Rupiah. well,siapin aja uang 12000 dan ikhlasin kembaliannya.

hm.
well.
gue ga mencoba untuk jadi pihak yang pro atau kontra di hari launching pecahan duaribuan ini.
gue cuma mencoba mengajak yang baca blog gue, siapapun Anda untuk mari sama2 kita hargai uang kita.
even gue juga sadar susah banget buat dapetin apa2 dengan harga seribu.
tapi ga ada salahnya buat tetep hargain lembaran bergambar Pattimura ini.
bukankah di kancing baju Pattimura ini ada gambar smiley nya.?
ini artinya pemerintah 'berpesan' bahwa "keep smile even just seceng.."
hehehe.

overall,
i'd like to welcome duaribuan di kancah perduitan Indonesia.


--CePe--

5 komentar:

  1. jiaahh selamat dateng dah duit dua ribu....ya gitu deh indonesia cuma tau ada duit baru ajah, ga tau kalo ntu berarti menurunnya nilai rupiah...
    btw, jadi followers gw juga dunk put, klik blog gw terus masuk di followers...hehehehehe...

    BalasHapus
  2. bener juga sih. tapi itu masih mendingan lah,,daripada salah satu negara di afrika yang dulunya terkenal kaya, sekarang malah ngeluarin duit pecahan 500juta. bayangin aja!
    hahaha

    BalasHapus
  3. @dini : udah kok din., gue udah jadi follower lo., sekarang gue mau follow deasy nih.,

    @henny : iyah hen., bener bangeth., malah ada pecahan satu milyar segala lhoo., hehehehe

    BalasHapus
  4. kemaren2 gw kw museum bank Indonesia, ada juga tuh pecahan koin 10rebu. tapi kata mbak2ny itu cuma buat perayaan aja.

    BalasHapus
  5. @vita : hm., cuma buat ceremony aja yah.?ga kebayang kalo beneran ada., bisa2 ketuker sama yang 100an tuh.,

    BalasHapus

please do not be hesitate to speak up your mind

 
blog design by suckmylolly.com | Distributed by Deluxe Templates