6.7.09

intermezzo

intermezzo sejenak dari kegiatan gue dalam merampungkan tugas akhir semester ini.
--ribet amat bahasa gue..--
intinya, sekarang gue lagi ngerjain script talkshow buat final project salah satu mata kuliah gue.
topik yang gue dan temen2 pilih adalah tentang kasus pelanggaran UU ITE yang dialami oleh Prita Mulyasari.
buat lebih jelasnya googling aja Prita Mulyasari.
--sorry i don't give you any link. i'm quite busy with my stuff. hope you don't mind--
:P

bagian yang gue bahas adalah tentang trauma yang dikabarkan menimpa Prita. ia diberitakan masih trauma untuk menyentuh bahkan untuk sekedar melihat komputer.
hm,, segitunya yaa..??
tapi wajar aja karena peristiwa yang dialami cukup berat.
dia yang sama sekali ga nyangka kalo emailnya bisa berbuntut kasus pidana dan ia dipenjara selama beberapa bulan.

gue pun mencari apa itu trauma, penyebabnya, ciri2nya, pokoknya apapun yang berkaitan dengan trauma.
dari artikel2 yang gue baca, kita semua menyimpan trauma tersendiri terhadap suatu hal.
sekecil apapun itu.
dna itu semua tergantung gimana kita mengatasi dan melewati trauma tersebut.

dan gue melihat ada sedikit dari artikel itu yang bikin gue bilang,"damn!it's me..!!"
mungkin ga semua.
dan mungkin ga parah.
tapi gue akuin, gue gampang buat trauma.
gue akuin gue lemah.
gue gampang takutan.
gue ga beranian.
mungkin ini dampak dari gue yang sejak kecil selalu dimanja dan ga pernah dikerasin sama keluarga gue.
dan sekalinya dikerasin, dibentak, atau dimarahin efeknya akan berlipat kali lebih dalam daripada orang pada biasanya.

mungkin orang2 akan bisa 'santai aja' saat ada yang marah atau clash sama dia.
tapi gak buat gue.
gue akan kepikiran dan merasa ga enak.
dan jantung gue berdegup kencang tiap saat mendengar bentakan atau makian, entah yang ditujukan buat gue atau orang lain.
dan saat gue dapet perlakukan ga enak gue cuma bisa nangis.
atau paling banter gue menghindar dan mencoba buat memendam sendiri.
ya gue tau itu ga baik.
tapi gue cuma mencoba untuk mengindari konflik yang lebih besar.
walupun ternyata gue salah.
yang ada malah masalah tersebut makin besar karena ga gue selesaiin.

temen gue pernah becanda mukul gue.
dan gue bilang kalo itu sakit.
dia heran, masa gitu aja sakit.?
bahkan dia sampe nanya apa gue ga pernah dipukul atau sekedar dicubit sama orang tua gue.
gue jawab,"gak tuh.. orang tua gue ga pernah mukul atau nyubit gue.."

dari situ gue nyadar bahwa perlakuan lembut yang gue dapet waktu kecil bikin gue lemah saat gue grow up.
bikin gue ga beranian.
bikin gue takut2 dalam bertindak.

entah ini cuma teori gue aja --baca : bullshit-- atau emang bener sebuah analisa yang memiliki alasan dan bukti pendukung yang kuat.
tapi yang jelas gue ga mau blame anyone here.
orang tua gue dan kakak2 gue cuma mau ngasih yang terbaik buat gue.
mereka sayang sama gue.

dari artikel yang gue baca juga, di sana tertulis bahwa cara 'sembuh' dari trauma itu adalah dengan cari akar permasalahannya.
sekarang gue udah nemu apa kira2 yang jadi akar permasalahannya.
dan di sinilah tugas gue buat deal with it.


--CePe--

3 komentar:

  1. iya sayang,,gimana seseorang bisa jd kayak sekarang ini, segala sesuatuny berasal dr orang2 terdekat kita (di sini keluarga kita) di mana kita lahir dan dibesarkan. Paling tidak untuk 5 tahun pertama kehidupan kita. Umur2 sgitu biasa disebut critical age. karna akan mempengaruhi kehidupan kita selanjutnya. heuheuheu..

    BalasHapus
  2. dari buku psikoloogi komunikasi, entah teori dari siapa, gw lupa, ketika seorang anak diajarkan kebaikan, maka ketika dia besar dia akan menjadi anak yang baik. Ketika seorang anak diajarkan kekerasan, maka ketika besar dia akan menjadi anak yang penuh dengan kriminal. So, ga perlu takut put karena lo dari kecil sudah diajarkan kebaikan. Lo harusnya bangga tidak dididik dengan kekerasan. Liat anak-anak kecil sekarang, mereka sudah dibentak, dicubit, ditampar, orang tua jaman sekarang tidak memikirkan bagaimana anak itu nantinnya besar. Ketika besar, dia akan melakukan hal yang sama dilakukan orang tuanya untuk menjadi brutal. So, don't you ever affraid what your parents did to you...heheheeh..Join juga yah put di blog gw, cukup klik www.dinitriana.blogspot.com terus klik join site yang ada di sbelah kanan ^__^

    BalasHapus

please do not be hesitate to speak up your mind

 
blog design by suckmylolly.com | Distributed by Deluxe Templates