8.12.13

to have or not to have a baby


Beberapa hari yang lalu gue di telfon radio lokal Surabaya yang kebetulan jadi media partner event gue bulan lalu.
Mereka minta gue untuk berpendapat soal talkshow mereka keesokan paginya tentang 'hasil penelitian mengatakan 80% wanita merasa memiliki bayi akan menghalangi atau menghambat karier mereka. Bagaimana pendapatmu?'

Jadilah keesokan paginya saat di telfon oleh radio tersebut gue dengan terbata2 dan sedikit pereus mengatakan bahwa gue ga setuju dengan pendapat tersebut.

Lalu tibalah pada pertanyaan :
Penyiar : menurut Mba usia berapa pantasnya seorang wanita menikah?
Gue : 27 - 30
Penyiar : Mba usianya berapa?
Gue : 25
Penyiar : kenapa belum memutuskan menikah? Apakah karena ada penelitian bahwa memiliki bayi akan menghambat karier?
Gue : .....................

*sigh*

Well, in my humble opinion kehadiran seorang bayi tidak menghalangi wanita untuk berkarier. Terbukti sekarang ini kantor2 sudah memberikan fasilitas ruang menyusui, memberi toleransi pada ibu menyusui untuk pumping, atau menyediakan ruang bermain untuk Si Kecil di kantor.
Ini berarti perusahaan pun tidak masalah jika karyawannya memiliki bayi, malah difasilitasi.

Lalu sebelum menikah/memiliki bayi atau memutuskan kembali bekerja setelah memiliki bayi sebaiknya suami - istri berdiskusi dulu. Siapa yang menjaga bayi, waktu kerja istri, bidang pekerjaan apa yang diperbolehkan dan tentu saja harus izin suami.

Selain itu dengan memiliki bayi juga akan memotivasi wanita untuk bekerja. Istilahnya biar bisa beli popok bayi. Hehehehe. Selain itu juga untuk memberikan contoh positif bagi anak bahwa wanita pun juga bisa berkarier dan jika ingin sesuatu harus bekerja/berusaha.

Begitulah kira2.
Pada intinya sih gue setuju wanita berkarier walaupun telah memiliki bayi. Dan 'punya bayi' bukan alasan untuk menghalangi seorang wanita berkarier.

Gue pun nantinya kalo sudah nikah maunya tetap bekerja. Lumayan buat beli bedak. Hehehehe.
Tapi mungkin ga di bidang event begini,, yang jam kerjanya agak2 ga jelas. Belum lagi kalo loading bisa sampe pagi, lalu kalo event nya weekend harus stand by dari pagi sampe acara beres.
Tapi kalo ga di event trus kerja apaaa? It's my passion!

Balik lagi ke pertanyaan penyiar tadi.
Gue pun menjawab 'karena masih memantapkan hati, emosi, dan pribadi diri sendiri aja. Bukan karena khawatir kehadiran bayi akan menghalangi karier'

*padahal mah yaaakk asa pengen jawab 'belum ada laki yang ngajak nikah! Puas ngana?!'


--CePe--

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

please do not be hesitate to speak up your mind

 
blog design by suckmylolly.com | Distributed by Deluxe Templates