9.12.10

kebingungan sistem

hell-o.!

sebenernya gue mau cerita tentang 2 hal.
tapi berhubung yang satu hal ini cukup mengganggu pikiran gue daripada satu hal lain tersebut maka ada baiknya gue post saja dulu satu hal ini.

pernah denger istilah "don't judge a book by its cover"..?
pernah dooong pastinya.
well, who doesn't.?

kita emang ga bisa nilai buku dari sampul depannya aja dan memberikan penilaian tanpa melihat isinya terlebih dahulu.
sangat tidak adil apabila kita diperlakukan demikian, kan.?
rasanya mengesalkan sekali kalo ada yang orang yang ga begitu kenal sama kita tapi berani menilai kita macam2 bahkan menentukan sikap untuk menghadapi kita.

tapi gue akui gue pun suka begitu.
minimal saat ke toko buku gue suka underestimate buku yang cover nya ga menarik.
gue suka 'nyinyir' sama buku yang judulnya "how to sell your book" atau "how to write speech" tapi dari cover aja udah ga menarik.
gimana bisa menjual kalo dari kesan pertama aja sudah tidak menggoda.?

kesan pertama.
ini yang mau gue omongin.
di komunikasi dan saat perkuliahan gue dulu, seringkali dosen2 bilang,"first impression is very important.."
intinya adalah buat orang lain terkesan dengan penampilan pertamamu.
apa ini bukan "judge a book by its cover" namanya.?

ini yang gue bilang di judul sebagai "kebingungan sistem"..
di satu sisi kita ga boleh menilai orang dari penampilan awal atau luarnya.
tapi di sisi lain kita harus buat orang lain terkesan sama penampilan awal kita., yang berarti penampilan yang superficial., bahkan bisa jadi artificial.

ada yang bilang, penampilan luar itu cerminan kepribadian dan hatinya.
gue setuju.
yaaah,, mungkin sedikit ga adil kalo gue bilang kadang gue nilai orang dari penampilan fisiknya.
tapi kan itu emang cerminan kepribadiannya,, at least itu yang bisa dilihat pada awalnya.

ada yang bilang, penampilan luar bisa menipu.
menurut gue, gimana pun dia berusaha menutupinya lama2 akan keliatan kok kayak apa aslinya.

bagi gue, gimana bisa kita bilang hati dan kepribadiannya ABC kalo perilaku dan sikap dia XYZ.?

any comment.?


--CePe--

1 komentar:

please do not be hesitate to speak up your mind

 
blog design by suckmylolly.com | Distributed by Deluxe Templates